Aksi Penipuan pura-pura Transfer ATM terpending

Category : catatan personal
Aksi Penipuan pura-pura Transfer ATM terpendingby cahyo mulyonoon.Aksi Penipuan pura-pura Transfer ATM terpendingHampir saja saya menjadi korban aksi penipuan dengan modus berpura-pura transfer pembayaran via atm mandiri terpending. Ujung-ujungnya nanti kita diminta untuk cek langsung ke atm dan saat itu juga dibuat seolah-olah sedang berkomunikasi langsung dengan officer call center mandiri. Padahal sejatinya sedang berusaha menipu dengan menghipnotis kita untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening mereka. Saya […]

Hampir saja saya menjadi korban aksi penipuan dengan modus berpura-pura transfer pembayaran via atm mandiri terpending. Ujung-ujungnya nanti kita diminta untuk cek langsung ke atm dan saat itu juga dibuat seolah-olah sedang berkomunikasi langsung dengan officer call center mandiri. Padahal sejatinya sedang berusaha menipu dengan menghipnotis kita untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening mereka.

Saya yakin telah menjadi target penipuan setelah saya cek di google ternyata sudah banyak sekali kasus serupa.

Misal  seperti tulisan-tulisan ini:

http://nationfortressonline.blogspot.com/2009_11_01_archive.html

http://www.mail-archive.com/daihatsuzebraclub@yahoogroups.com/msg08492.html

http://www.kaskus.us/showthread.php?p=122133307

http://sevilla99.wordpress.com/2009/07/21/aksi-penipuan-ala-bambangiwan-dan-call-center-mandiri-bernama-arief/

http://www.endonesia.com/mod.php?mod=diskusi&op=viewdisk&did=1915

http://farika-rezina.blogspot.com/2009/09/hati-hati-penipuan-true-story.html

Wahh…!!! Kalau dibuat daftar pustaka bisa-bisa jadi satu buku full 200 halaman. Atau saya bikin buku saja yaa… JudulnyaHOT: BISNIS PENIPUAN MASIH MARAK DAN TAK PERNAH MATI, Modal Pulsa doang -untung bisa Segudang…!!!”

Atau saya buat penawaran khusus:

“BISNIS SEPANJANG JAMAN, ROYALTY FREE, NO TUTUP POINT, NO INVESTASI, TIDAK PERLU KANTOR, BISA DIJALANKAN SECARA SAMBILAN, BUKAN FOREX, BUKAN MLM, BUKAN ARISAN BERANTAI.

MODAL PULSA DOANG … UNTUNG BISA SEGUDANG!!!

Kami Berikan GARANSI .. Anda pun Bisa Jadi Penipu SEJATI …!!!” :)  just kidding.

Nah Cerita saya sendiri bermula hari minggu lalu 11 Juli 2010, saat saya sedang menikmati kuliner siang di RM.Bambu Kuning, Cihuni samping Telaga Gading Serpong, bertiga Saya, Zia, dan Mamanya. Kalau Anda belum pernah, coba sekali-sekali ajak keluarga Anda ke RM.Bambu Kuning. Murah Meriah… Makan lalapan sambil lesehan terapung di telaga. Wah nikmatnya …!!!

Saat sedang mencoel sambel terasi hp berbunyi. Terdengar suara yang sangat santun, sopan, ramah, berbudi pekerti luhur,beragama … pokoknya sama sekali tidak ada dalam pikiran kalau diseberang sana itu sebenarnya suara … iblis!!! Heheheh kasar banget yah :)

Dia (mengakunya sih nama Ibrahim .. duh sedih saya .. nyatut nama nggak tanggung-tanggung lagi) menanyakan salah satu produk jualan saya, Vitabrain. Dan sangat berminat untuk jadi agen. Sebetulnya saya sudah bilang, kalau mau jadi agen atau distributor langsung saja hubungi perusahaan pusat. Tapi dijawabnya “saya ingin coba dulu, jadi saya mau coba beli 8 botol dari bapak”. Wahh .. betapa senang gembira hati saya ada orang ngotot ingin beli vitabrain langsung 8 botol dari saya. Tuing … tuing .. tuing .. dikepala serasa uang melayang-layang. Amboi … indahnya dunia, duit tak perlu dicari .. bisa datang sendiri :)

vitabrain

“Kalau bisa diskon ya pak, tolong dihitung dan kemana harus transfer?”, begitu katanya berapi-api. Maka saya pun dengan tak kalah berapi-apinya menghitung berulang-ulang, berapa diskon yang harus saya berikan. Dan Send SMS terkirim dengan nominal pembayaran saya bulatkan 1.5 juta rupiah plus no rek Mandiri sesuai permintaan.

“Pak bisa dikirim hari ini ya pak, nanti setelah makan siang saya transfer uangnya ke rek. Mandiri bapak!”

… “Alamak…!!!” Pak Ibrahim ini rupanya teramat sangat berminat dengan produk Vitabrain saya. Semakin yakinlah saya, kalau Vitabrain memang Produk Jaminan Mutu, secara saya sudah merasakan manfaatnya. … padahal ini hari minggu, apa ada jasa kiriman paket yang buka?

Tanpa bermaksud mengecewakan pelanggan, saya jawab dengan sopan … “baik pak nanti saya usahakan kalau masih ada jasa paket tiki yang buka.”

Dan bergegaslah saya menyudahi kuliner siang hari itu. Menyiapkan paket 8 botol vitabrain dibungkus spesial dengan kertas kado, kebetulan kertas coklat habis .. jadi tak apalah untuk konsumen spesial ini. Dan SMS pun berbunyi mengabarkan bahwa transfer sudah dilakukan, minta saya cek ke atm dan kabari kalau transfer sudah masuk.

Lalu saya beranjak mencari ATM Mandiri terdekat  membawa serta paket kiriman, meskipun saya tahu ini hari minggu .. kali aja ada yang buka. (Kalau ngga salah ada agen sambil buka warnet, jadi hari minggu pun tetap buka)

Tapi memang belum miliknya, nggak ada agen yang buka. Dan saat cek di atm, percaya nggak percaya ternyata saldo saya segitu-segitu saja. Lalu saya cek history transaksi pakai SMS Bangking Mandiri. Sama saja … nggak ada tuh transferan 1.5 juta.

Dengan sedikit menyesal saya kabari pak Ibrahim,”maaf pak ternyata nggak ada agen yang buka, dan transferan bapak juga tidak ada”. Pak Ibrahim menanggapi dengan was-was selayaknya orang kehilangan uang. “Kok bisa begitu ya pak? Padahal saya transfer dari ATM, harusnyakan real time, ini struknya juga tercetak jelas atas nama Cahyo Mulyono,ST no. rek 123456789sepuluh. OKelah pak nanti saya telpon call center Mandiri. Nanti bapak saya kabari lagi”.

Selesai main Futsal, saya lihat di hp ada misscall berkali-kali nomornya baru lagi. Saya telpon balik siapa tau konsumen baru, ternyata Pak Ibrahim juga. “Pak ini saya pakai nomer istri, saya sudah telpon call center mandiri, katanya transferan terpending tapi sudah bla,bla,bla .. tolong bapak cek di atm ya pak. Maaf nih merepotkan”.

“Baik pak nanti saya cek pakai SMS Bangking sama saja kan pak”

“Oh nggak bisa pak. Karena ini terpending jadi harus cek langsung ke atm pak. Maaf ya pak jadi merepotkan. Nanti kalau sudah di atm hubungi saya ya pak, kalau saldo belum masuk, nanti saya hubungkan dengan call center mandiri biar bisa dibantu.”

Nah lho .. naga-naganya ada yang nggak beres nih. Baiklah pak.. siap nanti saya ke atm. Tut!

Daripada repot ke atm, mana gerimis lagi .. mending nyalakan komputer, On-kan Speedy dan sowan ke mbah google. Seperti biasa … tanya-tanya sama mbah google. Pengalaman sejauh ini membuktikan mbah google tau aja apa yang kumau. Dan byarrr…!!!

Hanya dengan pertanyaan tanpa subjek predikat apalagi objek “transfer atm mandiri pending”, bertemulah saya dengan cerita-cerita horor seperti diatas.

Oaalahh!!! Ternyata saya Cuma jadi sasaran berikutnya! Alhamdulillah Ya Alloh Ya Rabbi, Engkau masih melindungi kami.

Kepada rekan-rekan semua, yang merintis usaha atau jualan apa saja di internet. Silahkan tetap berhati-hati dan waspada. Jangan mudah percaya keuntungan berlipat ganda. Tetap berusaha, bersabar dan Tawakkal. Rejeki sudah ada yang mengatur.

Anyway, sekalian promosi. Saat ini saya mulai merintis usaha jualan di internet. Untuk saat ini saya memilih usaha di sektor industri kesehatan. Produk utama jualan saya adalah Vitabrain, Suplemen Optimasi Otak. Barangkali Anda berminat ayo mampir ke blogtoko saya produkjaminanmutu.com Logonya seperti dibawah ini :)

Sekian. Wassalam

Related Posts

20 Responses

  1. Sevilla99July 13, 2010 at 3:20 pmReply

    Sama persis dengan yg saya alami pak……untungnya bapak cepat sadar nah saya diputer2 dari atm mandiri ke atm bca lalu ke atm bii….pas di atm bii baru sy sadar…untung uangnya ga terkirim ke no.rek mereka……

  2. ilhamJuly 15, 2010 at 3:17 pmReply

    sekarang memang harus berhati2

  3. ranggaw0636July 16, 2010 at 11:34 amReply

    wah ngeri banget ya pak, untung belum ketipu. Jaman sekarang ini memang harus selalu ekstra hati-hati ya

  4. DVJuly 17, 2010 at 5:53 amReply

    Inovative!
    Curhat skalian ngiklan hehehe…
    Saya paling serem deh kalau urusan bank gitu, Mas…
    Apapun itu slalu kutolak

  5. KojejeJuly 17, 2010 at 3:42 pmReply

    Wahh.. harus hati-hati banget nih…
    Thanks ya buat infonya :)

  6. wildanrJuly 18, 2010 at 2:17 amReply

    Jadi intinya dia pura-pura transfernya masih pending? Oalah.. Kalau saya sih sistemnya ada uang ada barang. Rekening update, baru hubungi tiki :D

  7. ichanxJuly 18, 2010 at 6:52 amReply

    untung belum sempet dikirim ya barangnya? hati2 mas… jangan pernah ngirim barang duluan sebelum duit (setidaknya DP) diterima…

  8. CeritaekaJuly 23, 2010 at 4:15 pmReply

    Wdeeew… ngeriii
    Tp untunglah gak jd ketipu :)

  9. wijJuly 23, 2010 at 6:24 pmReply

    wah, sepertinya makin banyak penipuan dengan modus seperti ini, harus lebih waspada,
    thanks for remind..

  10. edratnaJuly 30, 2010 at 5:33 pmReply

    Hehehe..padahal kalau transfer kan cuma suruh cek apa sudah diterima atau belum..dan yang sibuk kan yang mentransfer, yang terima tenang2 aja.

  11. blogpopulerJuly 31, 2010 at 11:13 amReply

    Ada-ada saja ya orang mencari uang.Cara haram pun ok.
    Dunia..dunia

  12. situlJuly 31, 2010 at 11:39 pmReply

    waduh ada juga y yg kyk gini. hrus lebih hati2 dunk…

    indonesian culture

  13. bukan detikcomAugust 4, 2010 at 1:37 pmReply

    saya pernah dapet cerita dari kawan yang menyewakan apartemen…kasusnya serupa…cuma beda nominalnya yang agak gede…utungnya dia juga gak kemakan penipuan ini

  14. Bila perlu belajar sama penipu … PANTANG MENYERAHSeptember 1, 2010 at 6:21 pmReply

    […] langsung mengerti, tak diragukan lagi ini pasti trik yang sama. Usaha tipu daya dengan  judul Transfer ATM terpending. Jadi saya tanggapi saja apa maunya dia bicara, sampai tak terasa lewat sudah 5 menit pulsa di […]

  15. ardha pDecember 20, 2010 at 6:09 amReply

    kok persis dengan saya,semalam saya ditipu,ngakunya malah haji ibrahim,dia minta kirim bibit jabon,alamat dia kirim ternyata alamat penjual kalung biofir palembang,saya pancing dia ternyata ada call center juga,padahal ssaya di kamar,eh saya puter puter dia emosi,logatnya batak pak,,closing saya saya bilangin gini,di layar atm ada tulisan monyet kok mau menipu,,,wkkwkw

  16. jasmin callista putriFebruary 4, 2011 at 10:00 amReply

    KRONOLOGIS KEJADIAN
    Awalnya saya suka online di facebook . ada iklan kalo ada hp bagus dengan harga murah . namanya DUTA PRATAMA SHOP . saya tertarik dengan iklan itu , karena saya memang pingin hp baru , namun tergiur dengan harganya yang murah . saya memilih pembelian via online dibanding saya membeli di counter hp resmi .
    Saya mulai Tanya-tanya , cari info di pemilik facebook DPS itu , saya memilih hp IPHONE 4G seharga 3,5jt dan akan sampai dalam waktu 2 hari. saya telponan dg DPS itu karena memang di facebook dicantumkan juga no hp nya . ngakunya sih namanya RESKI SETIAWAN no tlp 085246724772. Kantornya dijakarta . awal mula saya telpon itu malam2 ,hari selasa 18 januari 2011. Uang yg ada juga punya orang tua . saya ga bilang sama siapa-siapa,ceritanya mau surprise , suamipun tidak tahu .
    Hari kamis 20 januari 2011 saya pergi ke bank BCA untuk mentransfer 3,5jt itu ke rek SARIP HIDAYAT 0831-247630 . Setelah saya konfirmasi bahwa saya sudah transfer . ok saya cek dulu . setelah itu , penipu itu bilang barangnya bos yang kirim . tak lama kemudian bosnya (SARIP no tlp 082139135577) telpon kalo ada barang lebih 2 unit hape blackberry seharga 8jt . saya harus transfer lg 8jt kalo mau barang saya sampe . saya menolak karena jumlahnya yg terlalu besar .dan knp bisa terjadi kesalahan , saya yg harus menanggungnya .
    Setelah saya tunggu 2 hari barangnya tidak sampai juga . saya mulai risau . sy tlp lg , katanya barangnya ditahan di bandara . kalo mau dikirim secepatnya harap transfer dulu , saya Tanya emang di tahan dibandara mana ? dia jawab bandara soekarno-hatta . loh kata saya kan kirim bisa lewat darat,,dari jkt ini,,dia bilang kantor kami di batam . saya mulai bingung. Kata saya , ambil aja barang lebihnya, kirim barang hanya punya saya . tp dia bilang lg sibuk dan tidak bisa ditarik lg.
    Bosnya telpon saya , nanti sy langsung yg akan kirim kerumah, tp skrg saya lg sbuk , tolong jgn ganggu . hari senin saya ke bandung . saya tunggu hari senin sampe selasa belum juga ada kabar. Saya telpon lagi , gimana barang saya ko blm sampe juga . km harus transfer dulu baru saya kirim barangnya.tak apa 2 juta jg .
    Kamis 27 januari 2011 sore, berhubung ada gaji di atm suami saya , saya langsung pergi k atm BRI saya bilang saya cm pnya 1,5jt, gimana ? iya tdk apa-apa. Tapi barangnya harus sampe ya . iya besok pagi jam 10 . besoknya hari jumat saya tunggu sampe jam4 sore blm sampe jg . saya telp lg ,, sy tlp RESKI diangkat tp tidak mau bicara, malah ada suara music lah, ketawa-ketawa lah, teriak-teriak . berkali-kali saya telpon . saya merasa disepelekan dan kesal . saya sms berkali-kali , tidak ada balasan .saya telpon bosnya … sibuk terus , sedang tidur lah , sedang k acara ulang tahun temennya lah. Dua-duanya sulit dihubungi .
    Ternyata saya baru sadar, kalo saya tertipu .
    Saya tidak cerita pada suami maupun orang tua , karena saya takut dimarahi . bapak saya juga sudah minta-minta uangnya . saya bingung dan stress, dari mana saya menggantinya .
    Saya mohon kepada pimpinan BANK BCA agar uang saya bisa kembali . kalo perlu tarik saja dari rekening penipu itu , yah kalo masih ada saldonya . jangan Cuma di blokir saja , , . percuma diblokir juga , penipu itu punya byk rekening , dan pelakunya pun banyak . saya juga baru tau kalo di facebook itu byk sekali iklan-iklan seperti itu , dan banyak juga wacana-wacana dari pihak korban . saya memang ceroboh . saya mohon sekali lagi pada BANK BCA supaya bisa membantu masalah saya ini . terimakasih .

  17. mascayoFebruary 6, 2011 at 10:34 amReply

    Saya ikut prihatin dengan kejadian yang mbak alami.
    waduh, di facebook juga ternyata nggak menjamin yaa.
    meskipun nomer kontak juga ada.
    Terimakasih sudah berkenan sharing di sini. Semoga ada jalan keluar yang terbaik.
    Dan mendapatkan rejeki pengganti yang lebih besar. Amin

  18. Sarang SemutMarch 18, 2011 at 12:16 pmReply

    Wah info yang bagus utk kita…

  19. agungApril 17, 2011 at 2:15 pmReply

    mgkn utk aduan penipuan internet bgtu laporkan ksini ajh
    cyber-crime@polri.go.id

    monggo bsa d coba mav soalna aq cmn bantuin
    ini jg nmu dr google pengaduan penipuan internet
    ato ni :
    ncb-jakarta@interpol.go.id
    ncbipjkt@cbn.net.id

  20. agungApril 17, 2011 at 2:19 pmReply

    oh ya ni websitena….

    http://www.polri.go.id/dpo/

    http://www.interpol.go.id/id/dpo

Leave a Reply