Belajar ikhlas agar hidup lebih bergairah

Category : Refleksi
Belajar ikhlas agar hidup lebih bergairahby cahyo mulyonoon.Belajar ikhlas agar hidup lebih bergairahHidup itu memang tidak mesti selalu adem ayem saja. Sekali waktu ada masa diselingi masalah. Entah itu masalah keluarga, kesehatan, keuangan, pekerjaan, atau masalah hubungan sosial. Satu dua masalah mungkin bisa diselesaikan tanpa mengganggu ritme kehidupan, tapi wajar pula jika ketika banyak masalah datang bersamaan, tubuh sedikit terhuyung agak sempoyongan. Dan belajar ikhlas barangkali menjadi […]

Hidup itu memang tidak mesti selalu adem ayem saja. Sekali waktu ada masa diselingi masalah. Entah itu masalah keluarga, kesehatan, keuangan, pekerjaan, atau masalah hubungan sosial. Satu dua masalah mungkin bisa diselesaikan tanpa mengganggu ritme kehidupan, tapi wajar pula jika ketika banyak masalah datang bersamaan, tubuh sedikit terhuyung agak sempoyongan. Dan belajar ikhlas barangkali menjadi obat mujarab agar hidup kembali bergairah dan tetap bergairah. HOT .. HOT … HOT!

Namun namanya juga belajar memang tidak semudah bicara, dan jelas yang penting adalah prakteknya! Maksudnya mau ikhlas seperti apa tho mas? Ikhlas nrimo sajalah tanpa usaha berbenah?

Ah barangkali maksudnya belajar ikhlas seperti … ikhlas berani jujur mengaku salah, ikhlas berani jujur mengaku keliru, ikhlas berani jujur kurang … bersyukur !.

Dan eh … dengan begitu barangkali dapat pahamlah bahwa, ternyata masalah sebenarnya itu bukan masalah keluarga, bukan masalah kesehatan, bukan masalah keuangan, bukan masalah pekerjaan, bukan juga masalah hubungan sosial, tapi masalah sebenarnya itu ternyata … diri sendiri! … yang kurang bersyukur atas nikmat karunia Ilahi!

Hmm .. Astaghfirullah …!!!

Cag!

pray

Related Posts

76 Responses

  1. DVAugust 3, 2009 at 7:06 amReply

    Wah, postingan anda ini cukup dalam…:)
    Setuju, ikhlas mengajarkan kita untuk meninggalkan dan melupakan hal-hal yang memang bukan menjadi hak kita sehingga kita tetap bergairah menatap ke depan.
    Gitu tho, mangsudnya?
    .-= DV´s last blog ..Tentang Mood Foto =-.

    • jack ajaApril 1, 2010 at 11:45 amReply

      Tq banget mas argumentnya,,emg bnr qt hrs ikhlas dlm menghadapi cobaan apapun di dunia ini,,karna pd dasarnya rejeki,umur,jodoh sdh diatur ma Allah,,,

  2. HariezAugust 3, 2009 at 1:52 pmReply

    ya ya ikhlas berbuat dan ikhlas menerima..dan semoga kita ikhlas dan mensyukuri segala nikmat Nya ya Pak.. :mrgreen:

    -salam- ^_^
    .-= Hariez´s last blog ..Langit itu =-.

  3. Business knowledge (dofollow)August 3, 2009 at 1:52 pmReply

    ^^ ditambah dengan hidup yang penuh rasa syukur.. kalau dah dapet itu 2, wahhh hidup itu nikmat
    .-= Business knowledge (dofollow)´s last blog ..How to Make Service Process Blueprint =-.

  4. Bisnis OnlineAugust 3, 2009 at 5:51 pmReply

    yup paling sulit emang untuk ikhlas

  5. CrastyAugust 3, 2009 at 10:15 pmReply

    Valuable thoughts and advices. I read your topic with great interest.

  6. sawali tuhusetyaAugust 4, 2009 at 3:18 amReply

    sepakat banget, mascayo. sering kita lupa utk belajar ikhlas, qanaah, dan menerima apa adanya. ambisi dan keinginan sering di luar kontrol hingga berubah jadi tamak. hmm… semoga kita bisa belajar ikhlas dan bersikap qanaah. kalau orang jawa bilang: nrima ing pandum.
    .-= sawali tuhusetya´s last blog ..Mengembalikan Jati Diri Bangsa: Haruskah Menjadi Sebuah Utopia? =-.

  7. zeeAugust 4, 2009 at 9:20 amReply

    Setuju mas.
    Kadang karena terlalu sering melihat ke atas, kita jadi kurang bersyukur. Mustinya jg sering melihat ke bawah agar bisa mensyukuri apa yg sudah kita miliki….
    .-= zee´s last blog ..wiken kebanyakan makan =-.

  8. itempoetiAugust 4, 2009 at 12:58 pmReply

    ikhlas…
    gampang menyebutnya…
    tapi sangat sulit melakukannya…

    ngelakonine angel tenaaaaannnn… :D
    .-= itempoeti´s last blog ..Intelijen, Polisi dan Terorisme =-.

  9. andersonAugust 4, 2009 at 4:27 pmReply

    Kata orang bijak, kuncinya hidup tenang adalah bersikap ikhlas… Hanya saja jangan menjadikan ikhlas menerima nasib sebagai alasan untuk berhenti berusaha. Iya toh Mas?
    .-= anderson´s last blog ..The Man Behind the Gun =-.

  10. ZulhaqAugust 4, 2009 at 8:47 pmReply

    tanpa masalah, hidup memang terasa nggak ada artinya…
    dan saya setuju bgt om, semua berawal dari diri masing2
    nggak akan ada masalah yang berat, kalo seseorang terbiasa menghadapi dan menyelesaikan masalah dengan bijak…
    .-= Zulhaq´s last blog ..Migrasi Blog Versi Sinting =-.

  11. Pakde CholikAugust 4, 2009 at 8:49 pmReply

    Dalam ibadah juga demikian mas. Agar ibadah kita mendapat ridho Allah maka syaratnya harus ikhlas dan benar. Ikhlas artinya bukan ada pamrih macam-2 tetapi hanya karena Allah semata. Sedangkan benar artinya sesuai dengan syariat. Ikhlas melaksanakan sholat subuh tetapi kalau rakaatnya ditambah menjadi 3 maka nggak akan diterima.

    Memang kita harus banyak belajar dan berlatih untuk ikhlas.
    Salam
    .-= Pakde Cholik´s last blog ..Bersama menggapai cita-cita bangsa =-.

  12. pakdeAugust 4, 2009 at 10:26 pmReply

    Hati manusia tidak akan pernah puas meskipun batu dirubah jadi berlian. Nikmat yang dikaruniakan itu melebihi apapun. Ingat juga masih banyak diantara kita yang hidup tidak seperti kita. Bersyukurlah saudaraku, karena Allah masih sayang kepada kita. Dengan rizki yang mungkin telah kita sia-siakan.
    .-= pakde´s last blog ..Rumah Inspirasi pakde =-.

  13. narpenAugust 5, 2009 at 6:43 amReply

    Setuju om. Kadang saya pusing tujuh keliling untuk hal2 yang itu2 aja. Banyak bertanya pada teman, kemudian terucaplah kata itu..
    “Belajarlah untuk ikhlas, pen..”
    Benar.. Kadang jika kita sudah ikhlas menerima, segala yang berat ya tinggal dijalani saja, malah jadi terasa begitu ringan..
    Mengalir saja.. Yakin atas jalan pilihan-Nya untuk kita.
    .-= narpen´s last blog ..Dokter gigi gaul =-.

  14. edratnaAugust 5, 2009 at 1:08 pmReply

    Postingan yang sepintas terlihat sederhana namun dalam maknanya.
    Ya, kata ikhlas terlihat mudah diucapkan tapi tak mudah dilaksanakan. Dalam kehidupan kita akan mengalami cobaan2 yang akan mendewasakan kita, dan bisa melihat karunia Nya jika kita sedang mendapat rejeki. Dan untuk bisa melihat itu kita perlu berkorban…dengan rasa ikhlas tadi.
    .-= edratna´s last blog ..Nonton ” Blind Pig Who Wants To Fly” di Teater Terbuka Salihara =-.

  15. Eka Situmorang - SirAugust 5, 2009 at 7:42 pmReply

    Ikhlas ini adalah sesuatu yang masih terus harus diasah.

    Padahal byk sekali manfaat yng bisa dipetik…
    bener deh, kalo ikhlas hidup jadi ringan ya mas :)

  16. nyegikAugust 5, 2009 at 11:16 pmReply

    pembelajaran ihklas itu amatlah sulit…pa lagi utnuk menjelang bulan romdhon
    .-= nyegik´s last blog ..Tanda-Tanda….Mbah Surip? =-.

  17. omenAugust 6, 2009 at 1:11 amReply

    ilmu ikhlas memang sangat mujarab dalam menghadapi setiap masalah…
    tetapi ilmu ikhlas ini sangatlah sulit untuk kita praktekan, karena sekecil apapun perbuatan ikhlas yang telah kita lakukan akan sirna tatkala kita berbuat kesalahan sekecil apapun, sehingga sesuatu yang telah kita ikhlaskan tidak akan mendapat apa2 dariNYA…

    benar seperti apa yang mas bilang, belajar bersyukur untuk menikmati apa yang telah kita terima, semoga ini bisa menjadi awal untuk memupuk lagi rasa ikhlas kita…

    sekedar berkeliling mencari sahabat sambil menikmati keindahan dirumah ini…
    salam kenal dan hangat selalu kawanku…..:D
    .-= omen´s last blog ..Semangat ’45 =-.

  18. Iklan GratisAugust 6, 2009 at 1:13 amReply

    singjkat padat dan jelas mas…
    tidak terlalu berbelit, tapi kita bisa mengambil makna dari tulisan ini…
    smoga kita selalu bisa menjadi manusia yang ikhlas….
    Iklan Gratis
    .-= Iklan Gratis´s last blog ..10 juta siapa sangka =-.

  19. nh18August 6, 2009 at 1:12 pmReply

    Bener Byanget mas …
    Terkadang kita sibuk menyalahkan orang lain … lingkungan … situasi … dan sebagainya …

    Padahal akar masalahnya justru ada di dalam diri kita sendiri yang kurang bersyukur

    Salam saya Mas

  20. Dewi YanaAugust 6, 2009 at 6:28 pmReply

    Assalamu’alaikum,
    Kita harus bisa mensyukuri semua nikmat yg ada, karena manusia tidak akan pernah merasa cukup, bila tidak bisa mensyukuri nikmat yang ada. Sebenarnya, kadang kita menjadi susah, karena kita sendiri yg membuatnya susah. Terima dengan ikhlas, atas pembagian rezeki yg diatur-Nya, tetap berikhtiar dijalan yg diridhai-Nya dan hidup Qanaah serta mensyukuri semua yg dikaruniakan-Nya, akan membawa kita pada kebahagiaan hidup.
    (Dewi yana)
    .-= Dewi Yana´s last blog ..KITA MENUAI APA YANG KITA TANAM =-.

  21. Pasang Iklan BarisAugust 6, 2009 at 11:24 pmReply

    yaa… kita harus bersukur dengan apa yang telah diberikan di hidup kita ini, karena apa yang telah diberikan di hidup kita ini pasti adalah yang terbaik buat kita. kita memang harus iklas. karena kalo tidak pasti malah akan jadi beban pikiran terus dan malah bisa nimbulin masalah-masalah..
    Iklan Gratis
    .-= Pasang Iklan Baris´s last blog ..Situs Iklan Baris Gratis Tanpa Daftar =-.

  22. Oemar BakrieAugust 7, 2009 at 12:18 amReply

    Mengingatkan kita semua untuk ikhlas, meskipun “easier said than done” … Thanks for sharing Pak.
    .-= Oemar Bakrie´s last blog ..Antara Kuliah dan Presentasi =-.

  23. fandhieAugust 7, 2009 at 5:00 amReply

    setuju mas…
    selainnya itu masalah2 hidup sebetulnya juga bisa disyukuri sebagai proses pembelajaran dan pelatihan diri untuk pendewasaan….
    salam kenal yah
    .-= fandhie´s last blog ..Sandhy Sondoro – Suara Emas Harumkan Nama Bangsa =-.

  24. ZulhaqAugust 7, 2009 at 7:50 amReply

    selamat pagi om

  25. boyinAugust 7, 2009 at 10:44 amReply

    bener banget dengan ikhlas kejernihan hidup akan lebih terlihat dan hidup lebih ringan terasa

    • sugeng kanjengSeptember 7, 2011 at 7:23 amReply

      ikhlas itu sulit, tapi hebat

      @sugeng kanjeng
      yap .. memang tidak mudah :)

  26. vizonAugust 7, 2009 at 1:31 pmReply

    termasuk ikhlas juga adalah “merayakan” kemenangan rival kita…
    keikhlasan itu selalu dikawani oleh kesabaran, artinya: keikhlasan dan kesabaran selalu beriringan… :D

  27. Yari NKAugust 7, 2009 at 2:25 pmReply

    Belajar ikhlas memang susah ya…. apalagi kalau itu berupa masalah. Tetapi memang benar sih harus ikhlas, biasanya kalau hati sudah ikhlas atau paling sedikit menuju ikhlas, maka fikiran juga mulai bisa berfikir jernih dan tenang yang memungkinkan kita untuk memecahkan segala permasalahan tersebut…..
    .-= Yari NK´s last blog ..Sipit Itu Jelek? =-.

  28. m4stonoAugust 7, 2009 at 10:02 pmReply

    salam kenal mascayo…

    ikhlas itu yaaa seperti di surat al ikhlas itu heheheh
    .-= m4stono´s last blog ..Meditasi Itu Bid’ah, Katanya =-.

  29. Didie MangatiAugust 8, 2009 at 10:13 amReply

    Belajar ikhlas memang sulit om, saya pun masih banyak belajar.
    met kenal ya om chayo
    .-= Didie Mangati´s last blog ..WTS : Oyama SkyLine Pro =-.

  30. Ikkyu_sanAugust 8, 2009 at 8:07 pmReply

    Memang biasanya kalau ada masalah kita menyalahkan orang lain,
    atau bahkan menyalahkan Tuhan yang memberikan cobaan bagi kita.
    Padahal coba kalau kita mau mengaca pada diri sendiri…

    EM
    .-= Ikkyu_san´s last blog ..Si Sulung dan Janji =-.

  31. Andy MSEAugust 10, 2009 at 7:49 amReply

    walaupun membuat bergairah, berbuat ikhlas seringkali susah…
    .-= Andy MSE´s last blog ..Cara Gampang Mencari Rumah Pak Marsudiyanto =-.

  32. marsudiyantoAugust 12, 2009 at 12:07 amReply

    Saya musti banyak belajar ikhlas dari Mascayo…
    .-= marsudiyanto´s last blog ..Karma =-.

  33. pascal programmingAugust 27, 2009 at 2:07 pmReply

    tukeran link yuk mas?

  34. rupi efendiOctober 3, 2009 at 9:23 amReply

    mmmm percaya bahawa semuanya dalam kehidupan kita adalah rencana dari Sang Maha Pemilik semua rencana, Allah Swt…
    .-= rupi efendi´s last blog ..Mudik Lebaran – *Solo Touring with my Scorpio =-.

    • NinaMarch 23, 2010 at 2:19 pmReply

      ikhlas itu ketika tak ada kata yang kita keluhkan lagi ketika hari berlalu dengan cukup berat…

  35. ayasOctober 21, 2009 at 12:26 amReply

    kalo gak ikhlas, bisa capek sendiri karena hidup gak mungkin g da masalah.
    .-= ayas´s last blog ..Rekomendasi film-film kawula muda yang pernah booming di eranya =-.

  36. tataOctober 31, 2009 at 12:39 pmReply

    ikhlas sama bersyukur itu sejalan..
    tapi masalah saya lagi susah bersyukur..
    gmn ya?
    help me please..
    thx b’4 4 ur attention..

  37. syahidaNovember 12, 2009 at 11:23 amReply

    Mari qt belajar mjd org yg ikhlas dalam sikon apapun. Syukurilah apa yang Allah telah berikan. Yakinlah itu yang terbaik tukmu…!!!

  38. DEnton28November 20, 2009 at 11:14 pmReply

    Ikhlas….Ikhlas..saya setuju..dengan mas cayo..memang sulit..untuk..belajar..atau benar-benar menjadi..orang yang berani mengakui dengan jujur..kalau kita..kurang mensyukuri nikmat dari..Nya,..tapi memang saya merasa nikmat setelah mencoba..untuk melakukan hal tersebut..rasanya seperti punya ilmu meringankan tubuh…

  39. rahayu yucanAugust 11, 2010 at 3:45 pmReply

    subhanallah…sangat pas..memang benar…terutama yang saya garis bawahi adalah maslahnya dengan diri sendiri

  40. kikiJanuary 30, 2011 at 6:25 amReply

    ikhlas dengan semua yanng telah terjadi …
    bukan dengan penyesalan tetapi dengan kesemangatan untuk hidup lebih baik….
    jadikan pelajaran yang sangat berharga,,
    jadikan guru teladan yang selalu membimbing kita dari TK samapi SMA selalu membawa kita kejalan yang benar…

    hanya keledai bodoh yang masuk ke dalam lubang yang sama…

  41. Sriyono SemarangMay 4, 2011 at 10:23 pmReply

    masih belajar juga,
    mohon bimbingannya…. :)

  42. timbang nganggurMay 8, 2011 at 6:46 pmReply

    terima kasih postingannya mas bro. Jadi tambah bergairah

  43. hafizMay 27, 2011 at 2:39 amReply

    ikhlas terkadang bukan untuk diri sendiri, ikhlas untuk orag lain…

  44. dholpinJune 11, 2011 at 5:39 pmReply

    dholpin like…
    lnjutkan…

  45. IrulJuly 23, 2011 at 11:17 amReply

    Wah…masuk tenan postinge….jeru banget…good..good.good….

    —–

    suwun .. suwun .. suwun … :)

  46. ilmuiniAugust 28, 2011 at 6:57 pmReply

    Artikelnya Cukup BAGUS..

  47. Diyan safitriSeptember 7, 2011 at 1:57 pmReply

    Pas banget artikel ini buat aku, terima kasih.

    @Diyan safitri
    Sama2 :)

  48. uyunNovember 17, 2011 at 4:08 pmReply

    aku sangat susah sekali mas mengikhlaskan sesuatu! bantu saya mas

  49. RonyemDecember 21, 2011 at 1:32 amReply

    wah, tulisannya simpel, namun mengena pada esensi ikhlas itu sendiri. Salam Kenal. Ronyem.

  50. rhainyJanuary 13, 2012 at 6:11 pmReply

    setuju Mas!!
    apa kabar Mas??

  51. ArifinJanuary 15, 2012 at 10:56 pmReply

    Terima kasih informasi nya, dan saya sangat senang membacanya.. membantu saya untuk belajar lebih ikhlas lagi…

  52. Hanif MahaldiJanuary 17, 2012 at 9:02 amReply

    ikhlas-ikhlas-ikhlas… hehe.

  53. pobJanuary 17, 2012 at 10:32 amReply

    saya mengaminkan judul artikel anda, walaupun terkadang untuk belajar ikhlas, kita harus merelakan sesuatu dengan cucuran air mata, namun itulah kekuatan untuk menatap kehidupan.

  54. saharudin, S. PdJanuary 17, 2012 at 12:49 pmReply

    Alhamdulillah, kini saya semakin nyerti tentang Ikhlas. Terima ya artikelnya semoga mendapatkan balasan yang setimpal

  55. razbieJanuary 21, 2012 at 12:10 pmReply

    belajar ikhlas itu tidak segampang perkataan, harus sering dilakukan agar tidak berat dan lupa

  56. tomiFebruary 5, 2012 at 11:22 pmReply

    bersyukur dan ikhlas mas.. itu memang kunci dari semuanya…

  57. maselino.comApril 13, 2012 at 4:15 pmReply

    keikhlasan akan membuat hidup lebih simple dan enteng..

  58. Belajar BloggingApril 14, 2012 at 5:32 amReply

    Memang perlu banyak latihan menjadi seorang yang selalu ikhlas dalam beramal. Tidak semudah membalikan telapak tangan. Salam silaturrahmi.

  59. GandiApril 18, 2012 at 10:44 amReply

    BEtul sekali, ikhlas itu paling susah karena level tertinggi dari keimanan seseorang. Semoga kita bisa lebih ikhlas, amiin.. :-)

    Salam kenal.

    ————-

    @Gandi
    Salam kenal juga Mas Gandi
    Terimakasih sudah berkunjung.

    Yup, semoga ikhlas bukan hanya sekedar kata2. Amin :)

  60. belajar bahasa inggrisApril 19, 2012 at 2:33 pmReply

    wuih bener sekali, belajar ikhlas memang mendamaikan hati.

  61. bungtrisApril 24, 2012 at 2:23 pmReply

    wah, bener pak … dengan hati yg lapang, hidup terasa senang

  62. KiosWayangApril 25, 2012 at 9:06 amReply

    Kadang susah sekali om, buat ikhlas terhadap sesuatu..
    Misalnya pas disakiti orang lain, atau pas ditipu..
    Tapi kalo udah ikhlas hati jadi lega..

  63. 5 Tips Blogging Yang (Ternyata) KeliruApril 26, 2012 at 1:50 pmReply

    […] nyata adalah salah satu post dari mascayo yang berjudul “Belajar Ikhlas Agar Hidup Lebih Bergairah” dimana panjang artikel adalah sekitar 177 kata namun respon pembaca sangat luar biasa. Jadi […]

  64. Bang DjeApril 27, 2012 at 10:29 amReply

    Wow, artikel yang pendek tetapi menyentil sangat dalam. Memang tidak mudah menjadi orang yang ikhlas alias muchlisin. Karena inilah sebenarnya jiwa dari ibadah. Inilah pondasi atas segala amal yang kita lakukan. Oleh karena itu kita memang perlu untuk terus menerus diingatkan dan sudah selayaknya kita saling mengingatkan.

  65. giewahyudiApril 27, 2012 at 2:40 pmReply

    Iya memang masalah bersumber dari dalam diri kita sendiri..

  66. TwiciusMay 5, 2012 at 4:31 pmReply

    dengan keikhlasan maka hidup akan lebih bermakna, apalagi jika hidup kita ikhlas+jujur, itu sangat bermanfaat :D

  67. pondokgueMay 6, 2012 at 11:17 amReply

    belajar ikhlas nya susah mas.. :)

    salam kenal juga ya..

  68. tomiMay 6, 2012 at 2:39 pmReply

    ilmu ikhlas itu kayak di film Kiamat Sudah Dekat yg bintangnya Andre ma Dedy Mizwar…
    hanya bs diperoleh dari kesabaran dan juga ketenangan serta bisa bersyukur dan selalu dekat ma YME

  69. Zuhdi TravelifeMay 7, 2012 at 3:47 amReply

    nice post euy!!! :D
    mensyukuri nasib juga bukan berarti selalu menerima tanpa ada usaha untuk berubah ke arah lebih baik, tapi selalu berusaha mendapatkan yang terbaik sambil mensyukuri apa yang ada. :D

    happy blogging

  70. nur abidahMay 7, 2012 at 8:04 amReply

    dengan ikhlas, kita akan terhindar dari rasa iri dan dengki..:)

  71. MpadMay 7, 2012 at 11:46 pmReply

    Dengan ikhlas dan tulus apa yang kita kerjakan, suatu saat akan mengunduh hasilnya mas…

  72. bundakataMay 26, 2012 at 4:37 amReply

    ilmu sabar dan ikhlas … susah bangeeetttttt

Leave a Reply