Biaya kuliah murah Rp.180.000 per semester

Category : uneg-uneg
Biaya kuliah murah Rp.180.000 per semesterby cahyo mulyonoon.Biaya kuliah murah Rp.180.000 per semesterBiaya kuliah murah Rp.180.000 per semester itu dulu, sewaktu masih gaya-gaya-an nggak mau kalah mencoba melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri. Bersyukur? Sudah pasti. Sebab kalau melihat kondisi sekarang ini, ..Asli! … miris meringis! Meski biaya kuliah kelihatan relatif murah, dulu itupun tetap saja orangtua harus berjuang mati-matian.Kepala dijadikan kaki, kaki dijadikan kepala demi membiayai […]

Biaya kuliah murah Rp.180.000 per semester itu dulu, sewaktu masih gaya-gaya-an nggak mau kalah mencoba melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri. Bersyukur? Sudah pasti. Sebab kalau melihat kondisi sekarang ini, ..Asli! … miris meringis!

Meski biaya kuliah kelihatan relatif murah, dulu itupun tetap saja orangtua harus berjuang mati-matian.Kepala dijadikan kaki, kaki dijadikan kepala demi membiayai studi agar tak terhenti.Barangkali orangtua sudah kadung seneng, anak bungsunya yang cuma lulusan sekolah kejuruan ndilalah diberi rejeki melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri. Besar berharap bisa mengubah garis keturunan keluarga selanjutnya. Dalam artian, ngga miskin terus gitu … :) (Ah terimakasih bapak/emak, telah berjuang memberi kesempatan untuk mengenyam pendidikan.)

Tapi kalau kondisi masa itu seperti kondisi saat ini, ceritanya tentu akan lain lagi. Bisa jadi harus lebih berkompromi, misal menerima saja tawaran menjadi kuli teknisi, sesuai bidang kejuruan yang sudah dipelajari.

Singkat kata, biaya kuliah murah Rp.180.000 per semester sepertinya kini hanya tinggal kenangan. Sesuatu yang semestinya menjadi kesempatan luas bagi siapa saja anak negeri ini.Blah! saya malah mulai berfilosofi. Basi!

university student

Jadi masihkah bisa tetap berharap agar kesempatan mengecap pendidikan setinggi-tingginya tetap terbuka seluas-luasnya tidak hanya untuk anak dari kalangan berada? akan tetapi juga bagi mereka dari kalangan tidak berada?. Tidak terbatas bagi sekelompok anak yang unggul karena bibit awal dari sononya juga sudah unggul?, tapi juga bagi mereka yang mungkin memang otaknya pas-pasan tapi sungguh berkehendak untuk mengubah keadaan?, minimal tidak untuk dirinya tapi untuk generasi keturunan berikutnya!.

Hmm… sudah miskin,ndak pintar, tak ada kesempatan merubah nasib pulak?! Tega nian!

 


Related Posts

58 Responses

  1. thegandsMarch 3, 2009 at 7:27 pmReply

    PERTAMAX

    thegandss last blog post..WordPress Trick | Mengubah dan Mempercantik Halaman Login WordPress

  2. thegandsMarch 3, 2009 at 7:28 pmReply

    masih ada koq kuliah murah tapi bermutu pak. tempat kuliah saya dahulu.

    thegandss last blog post..WordPress Trick | Mengubah dan Mempercantik Halaman Login WordPress

    • mascayoMarch 5, 2009 at 6:48 amReply

      @thegands,

      wah dimana nih Gan,
      buat referensi keponakanku nih :)

  3. marsudiyantoMarch 3, 2009 at 8:09 pmReply

    180 ribu / semester?
    Kapasitas berapa Gb?

    marsudiyantos last blog post..Flinstone, Rollingstone, Sharone Stone dan Ponaristone

    • mascayoMarch 5, 2009 at 6:47 amReply

      @marsudiyanto,
      24Gb, harus habis semua. kalo ndak yaa ngulang :)

  4. richardMarch 4, 2009 at 3:19 amReply

    paling lucu saat mengamati ulah kebanyakan strata 2-3 @indo. bayar puluhan juta hanya untuk rajin kopi diktat sampai nitip absen :p

    • mascayoMarch 5, 2009 at 6:45 amReply

      @richard,

      asemik! sampeyan kok tau saya begitu dari mana? hehehe
      apa kabar mas richard? lama tak jumpo

      • AngghiSeptember 27, 2010 at 10:20 pm

        di tempat saya kuliah gratis pak???

  5. DVMarch 4, 2009 at 5:44 amReply

    Kalau nggak bisa kuliah mending kerja ikut orang sejak awal.
    Dengan giat dan tekun serta rajin, karir meningkat, dan berusaha yang terbaik untuk generasi penerusnya, anaknya…

    DVs last blog post..Dosa

    • mascayoMarch 5, 2009 at 6:44 amReply

      @DV,
      saya ikut sampeyan mas boleh? hehehe

  6. Ikkyu_sanMarch 4, 2009 at 7:06 amReply

    hmmm
    ya aku juga kaget dengan kenyataan mahalnya pendidikan jaman sekarang. Perasaan dulu ngga segitu segitu amat.
    Tapi ….what can I do?

    EM

    Ikkyu_sans last blog post..YOGYA I’m Coming!!!

    • mascayoMarch 5, 2009 at 6:39 amReply

      @Ikkyu_san,

      “What can I do?” hehehe … sama bu saya juga gitu “what can I do?” … paling banter cuma nguneg-nguneg begini … talk much do nothing ya bu?

  7. pakdeMarch 4, 2009 at 8:17 amReply

    Nampaknya lebih nikmat hidup di jaman dulu mas cahyo ya….jaman sekarang ukurannya duit duit dan duit….capek deeeeeeee.

    Intinya masih banyak cara untuk cerdas. Tak harus kuliah. Masih banyak cara juga untuk bisa kayaraya. Tak harus kuliah juga.

    Tinggal fokus nasib mau di bawa kemana…

    • mascayoMarch 5, 2009 at 6:37 amReply

      @pakde,
      Setuju pada jaman dulunya
      setuju juga pada intinya
      Bener Pakde, rejeki itu pada dasarnya sudah ada yang mengatur. Dan akan berlimpah bagi orang yang mau berusaha. Bukan bagi orang yang kuliah saja hehehehe

  8. yuliusMarch 4, 2009 at 8:54 amReply

    bener pakde, kalo mo kaya tidak harus bayar kuliah mahal2 :D berguru aja pada pakde dijamin deh…..

    yuliuss last blog post..Blogwalking Gampang Dengan Seoquake

  9. mangkumMarch 4, 2009 at 10:00 amReply

    emang sih biaya pendidikan itu mahal sangat. temenku pernah membahas inflasi pendidikan emang yang paling tinggi dibandingkan inflasi di bidang lainnya. tapi sayang artikelnya ga dimuat dan jadi unpublished artikel.

    mangkums last blog post..Yang Paling Menginspirasiku

    • mascayoMarch 5, 2009 at 6:34 amReply

      @mangkum,
      jadi penasaran mang,
      coba dirayu lagi supaya di publish gitu,
      buat sharing-sharing aja :)

  10. prasMarch 4, 2009 at 2:19 pmReply

    murah banget..

    prass last blog post..AWARD PERTAMA

  11. edratnaMarch 4, 2009 at 2:42 pmReply

    Kompas hari ini, masih ada biaya kuliah Rp.100.000,- per semester bagi orang tak mampu di UI, tapi tentu saja harus pintar.

    edratnas last blog post..Mungkinkah menunda kepikunan?

    • mascayoMarch 5, 2009 at 6:31 amReply

      @edratna,
      Wah saya langsung cek kompas, dan bener juga bu,masih murah banget kalau cuma 100 ribu persemester. Cuma yang dimaksud orang tak mampu itu syaratnya apa ya bu?

      mascayos last blog post..Peluang Usaha Bisnis Jasa Cuci Motor

  12. nh18March 4, 2009 at 6:47 pmReply

    Numpang nanya …
    Memang sekarang berapa ya Mas … biaya kuliah per semester di Univ Negeri …

    nh18s last blog post..TRAINER IRI

  13. utaminingtyazzzzMarch 4, 2009 at 9:22 pmReply

    biaya kuliahku 375ribu per semester. Banyak teman-teman yang merasa berat dengan biaya segitu. duh, apalagi sekarang ya

    utaminingtyazzzzs last blog post..Usai Sudah Permusuhanku Dengannya

    • mascayoMarch 5, 2009 at 6:40 pmReply

      @utaminingtyazzzz,

      sekarang yaa begitulah,
      sebenernya ngga cuma biaya persemesteranya yang berat, yg lainnya juga …
      akhirnya memakan korban juga.
      putus kuliah .. duh!

  14. kucingkerenMarch 5, 2009 at 1:32 pmReply

    ahaaaaa… 180 rb per semester.. harga bbm berapa itu ya? hehe.. yg paling gampang berburu beasiswa saja..

    kucingkerens last blog post..Phil yang Membius…

    • mascayoMarch 5, 2009 at 7:03 pmReply

      @kucingkeren,
      kalo nggak salah 2000 kali ya?
      Beasiswa? setuju! Bisa sangat membantu! :)

  15. JuliachMarch 5, 2009 at 6:13 pmReply

    @ Endratna

    Tapi bagi anak yang kurang pintar (maksudnya IPK tidak 3+ tapi hanya 2,2-2,5), dan anak ini rajin dan telaten sehingga ada banyak kemungkinan berhasilnya. Sedangkan orang tuanya tidak mampu?

    Mau dikemanakan anak-anak bangsa seperti ini?

    Juliachs last blog post..Ngeluyur ke Venisia, bag. 1

    • mascayoMarch 5, 2009 at 7:04 pmReply

      @Juliach,

      Nah! kira-kira itu salah satu yang saya maksud!
      Bayangan saya, yaa sistem ini hanya menciptakan lebih banyak lagi generasi parasit, Ups!

  16. JuliachMarch 5, 2009 at 6:23 pmReply

    Rupanya Tuhan punya jalan untukku. Setelah diterusir dari rumah sendiri oleh masyarakat setempat (di Indonesia)… maka aku putuskan utk pulang ke Perancis.

    Di sini masa depan anakku sudah terlihat jelas jika dia ada kemauan. Apapun yang terjadi padaku (miskin, sakit atau mati sekalipun), anak-anakku pasti akan sekolah. Karena Pemerintah memberi bantuan kepada semua orang yang mau sekolah/kursus tetapi tidak mampu.

    Bahkan ada kursus/sekolah: selain gratis digaji pula.

    Bantuan akan selalu mengalir asal kita pass/naik kelas/tidak DO.

    Juliachs last blog post..Ngeluyur ke Venisia, bag. 1

    • mascayoMarch 5, 2009 at 7:05 pmReply

      @Juliach,

      tuh, mau yang begitu.
      Kapan yaa disini bisa begitu?!

    • pingin_kulJanuary 6, 2010 at 2:30 pmReply

      @Juliach, mo nanya nich gimana sich biar bisa kuliah di Prancis yang gratis kayak yang dibilang itu bcoz sudah hopeless banget nich mo kuliah…prestasi gak menonjol , ortu juga gak mampu.apa kuliah di prancis tuch dibatasi umur yach…soalnya aku sudah 3 tahun lulus dari SMA selalu nyoba buat kul ujung ujungnya masalah duit yang gak bisa dikompromikan….

  17. NarmadiMarch 6, 2009 at 6:54 amReply

    Ngomongin biaya pendidikan Negeri ini…hmmm…pusing…

    Narmadis last blog post..Sertifikasi Perangkat Telekomunikasi (Approved)

  18. arvernesterMarch 6, 2009 at 10:39 amReply

    Alhamdulillah untuk saat ini say masih bisa kuliah gratis, :)

  19. cipztoMarch 7, 2009 at 6:15 pmReply

    waduhh,, saya kira masih ada biaya kuliah semurah itu..

    kebetulan saya lagi cari tempat kuliah yg murah :)

    cipztos last blog post..Membuka Usaha Kecil

  20. munawar amMarch 11, 2009 at 4:19 pmReply

    awal saya masuk kuliah dulu malah 129.000/semester; di akhir semester sudah 420ribu, gelarnya juga pindah dua kali…, katanya gak kebagian Doctorandus….; korban kebijakan kali yaahhh

    munawar ams last blog post..Mengamati Google SERP Kontestan SEO Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009

  21. Ruli SaputriMarch 24, 2009 at 9:10 amReply

    Halo salam kenal.Kuliah murah ya di unindra 350ribuan/bulan pembukaan mahasiswa bulan mei. Terima kasih.

    Ruli Saputris last blog post..Tips mendongkrak penjualan Anda

  22. wahyuJune 28, 2009 at 11:06 amReply

    Halo salam kenal.Kuliah murah ya di unindra 350ribuan/bulan pembukaan mahasiswa bulan mei. Terima kasih.

  23. Heryan TonyAugust 17, 2009 at 6:08 pmReply

    Wah..Murah ya, tapi zaman dulu berarti mahal dong :)

  24. toekiminOctober 18, 2009 at 2:15 amReply

    Universitas Terbuka (UT) bisa dijadikan alternatif untuk mereka yang sibuk bekerja atau terbentur masalah biaya. Biaya kuliah di UT relatif sangat murah, dan kualitasnya pun setara dengan perguruan tinggi lainnya. Website UT: http://www.ut.ac.id
    .-= toekimin´s last blog ..Kuliah Murah Di UT =-.

  25. theti mahayaniNovember 2, 2009 at 2:40 amReply

    jaman sekarang mau murah,mustahil deh.sekarang mah duit melulu.gak ada duit gak jalan urusan choi.yang gratis2 mah jarang yang selamet.males klo lihat beban biaya kuliah ato sekolah sekarang.

  26. aliMarch 2, 2010 at 11:48 pmReply

    maf
    masa ci

  27. indahMarch 20, 2010 at 2:01 pmReply

    ada kok kuliah murah. Cuma 150ribu perbulan (bisa dibayar bulanan), jadi persemester cuma 900ribu. gak pake uang gedung segala lagi.. Pas daftar cuma bayar form pendaftaran, almamate.
    tapi di daerah Cilandak, Jak-Sel..
    kalo minat hubungin gw aja (021)68793051

    • sevtiiJune 28, 2010 at 10:43 pmReply

      aq tertarik ..tapi gmn cra’a ya ?

    • adhieAugust 8, 2010 at 2:47 pmReply

      caranya donk.. tertarik nih..?!

  28. sevtiiJune 28, 2010 at 10:41 pmReply

    aq mau kliah..tp msh bngung dmn ?karna orang tua tak ada biaya ..kira2 kuliah 180rb /smt ini bnar atau tidak ?

  29. adibowoAugust 9, 2010 at 1:38 pmReply

    judulnya bikin penasaran.. :D

    • mascayoAugust 9, 2010 at 8:12 pmReply

      iya nih ..
      saya jadi nggak enak hati,
      banyak juga ternyata yang nyasar kesini, dikira nawarin kuliah murah .. aduh gini hari?
      maaf .. maaf .. maaf :)

      • dedenDecember 20, 2010 at 4:44 pm

        tapi bagus tukar2 informasi sapa tau ada info mendingan, mang sih biaya kuliah mahal, tapi ada kok yang murah dikit, bagi temen2, terus niatkan kuliah tuk menuntut ilmu bukan dunia, niat baik amal baik, yang penting niat n’ berusaha semampunya apapun hasilnya bukan “urusan kita”, yang wajib ikhtiar hasilnya pasrah,bismillah mari berjuang dengan sungguh untuk mendapatkan pendidikan, Allahu Akbar…..

  30. HANNovember 11, 2010 at 2:18 pmReply

    BAGI YG MO KULIAH MURAH TERUTAMA MASALAH ILMU ISLAM..BISA IKUT KULIAH ONLINE DI http://www.kampussyariah.com
    biayanya cm 300rb/SMT…
    DAN DITEMPUH CM 2 THN…KRN 3BLN/SMT, JD KLW 8 SMT CM 2 THN…IJAZAH DIAKUI, DN BSA LANJUT S2…
    TP INGAT ONLINE…..DOSENNYA LULUSAN MESIR JG ARAB….

    • dedenDecember 20, 2010 at 4:35 pmReply

      Assalamu’alaikum…
      Maf informasinya benerga sihhh?…maklum baru denger kuliah model gini

  31. afitFebruary 21, 2011 at 9:14 amReply

    beneran ni………….
    gmn caranya.
    jngan sampe ktipu w………..

  32. edieMay 12, 2011 at 8:58 pmReply

    sekrang saja pendidikan mahaaaaaaal apa lagi untuk anak cucu kita……………..

  33. jaenudinJune 22, 2011 at 5:15 pmReply

    bisa gak si lulusan kesetaraan SMU bisa melanjutakan kuliah….

  34. tuti asihOctober 6, 2011 at 9:00 pmReply

    aq brhrp bs mlanjtkn kuliyah d sni …..tlong bgt agr aqqqqqq bs skolah lg aq ingn pnddiknku di lanjtkn…..

  35. gozzOctober 8, 2011 at 12:13 amReply

    maaf mu nanya mas kalau untuk teknik ada gakya di ut, trimakasih informasihnya.

  36. Derri Jefri ShandyOctober 17, 2011 at 10:47 pmReply

    Andai sja kmpusku jga bgtu,,, jdi aq gk pusing2 mkirin uang kulyah n tbungan msa dpannn….

  37. Derri Jefri ShandyOctober 17, 2011 at 10:48 pmReply

    andai sja biaya kulyah ku mrah spet\rti itu,, jd aq gk pusing2 mkirin uang smesteran n tbungan msa dpan,,,

  38. panjiApril 12, 2012 at 5:11 pmReply

    gua cuma pengen ngubah keadaan, bantuinn..!!

Leave a Reply