Cara menghitung keekonomian harga premium

Category : catatan kulipabrik
Cara menghitung keekonomian harga premiumby cahyo mulyonoon.Cara menghitung keekonomian harga premiumgambar di ambil dari  http://www.ritholtz.com jika anda membaca halaman bisnis & keuangan media kompas hari ini Sabtu 6 Desember 2008 hal.21, anda akan menemukan ulasan Dotti Damayanti seputar BBM, khususnya Premium. Sudah tahu kan berita terbaru bahwa pemerintah berencana menurunkan lagi harga premium? bahkan bukan hanya menurunkan tapi juga sekaligus menghapuskan premium dari daftar bahan […]
oil price

Crude Oil, January Futures

gambar di ambil dari  http://www.ritholtz.com

jika anda membaca halaman bisnis & keuangan media kompas hari ini Sabtu 6 Desember 2008 hal.21, anda akan menemukan ulasan Dotti Damayanti seputar BBM, khususnya Premium. Sudah tahu kan berita terbaru bahwa pemerintah berencana menurunkan lagi harga premium? bahkan bukan hanya menurunkan tapi juga sekaligus menghapuskan premium dari daftar bahan bakar minyak bersubsidi. Maksudnya? … maksudnya yaa ngga disubsidi! Nah lho?!

kalau harga minyak mentahnya turun terus sih oke, artinya harga premium yang kita beli juga turun. masalahnya kalau harga minyak mentahnya naik terus, .. anda sudah siap belum?

tapi dari ulasan di media kompas tadi ada info yang saya baru tahu , yaitu cara bagaimana mengetahui harga premium kita apakah sudah bernilai ekonomis atau belum. Singkat cerita dari yang saya baca , cara sederhananya adalah dengan membandingkan harga dasar bbm vs harga konsumen.

Harga dasar BBM diambil dari patokan harga jual rata-rata produk BBM yang dijual di sekitar Asia plus alpha

Patokan harga ini disebut MOPS (Mean of Platts Singapore) ,dikeluarkan oleh badan publikasi bernama Platts yang berbasis di Singapore. Nah untuk BBM , MOPS ini biasanya 10 sampai 15 dollar lebih besar dari Harga Minyak Mentah.

Nah kalau sekarang harga minyak mentah 46 dollar as per barrel, dan asumsi harga premium di Singapura 10 dollar AS, maka MOPS nya adalah 56 dollar AS per barrel.

Sementara Alpha adalah biaya-biaya pengadaan dan operasional dalam bentuk persen. Untuk tahun 2008 alpha dipatok sebesar 9 persen.

Jadi Harga dasar BBM premium adalah MOPS + alpa = 56 + (9%x56) = 61.4 dollar AS per barrel. karena 1 barrel (oil) = 158.98729493 liter (unit converter nya disini). kalau dikonversikan  sama dengan 0.38619 US dollar per liter. dan kalau dirupiahkan dengan kurs 1 dollar AS = Rp.12.000 hasilnya,

harga dasar premium = 0.38619 US dollar x Rp.12.000 = Rp.4.606 per liter

terakhir ditambah pajak penjualan 10% dan pajak bahan bakar kendaraan bermotor 5% , maka harga dasar premium = Rp 5.297 per liter

So kalau dibandingkan Harga dasar Premium vs Harga Konsumen sekarang jadinya Rp.5.297 per liter vs Rp.5.500 per liter. begitu informsinya.

jadi .. sudah ekonomis kan? :)  Relatif ya? apalagi buat tukang ojek hehehe .. itu juga dengan catatan harga minyak mentahnya dibawah 50 dollar AS per barrel :)

ngomong-ngomong, sudah siap belum kalau premium ngga disubsidi ?

Related Posts