Langkah pertama yang harus anda lakukan jika Kartu ATM anda macet

Category : catatan personal
Langkah pertama yang harus anda lakukan jika Kartu ATM anda macetby cahyo mulyonoon.Langkah pertama yang harus anda lakukan jika Kartu ATM anda macetPunya pengalaman Kartu ATM macet saat digunakan? Masuk tidak mau keluar juga tidak mau, atau bahkan seakan tertelan? Mudah-mudahan tidak yaa. Sebab jika itu terjadi, maka waspadalah! Musibah ini terjadi Kamis Sore 19 Maret 2009, menimpa salah seorang teman kerja saya. Saat itu yang bersangkutan hendak mengambil uang di ATM BCA terdekat di pinggir jalan […]

Punya pengalaman Kartu ATM macet saat digunakan? Masuk tidak mau keluar juga tidak mau, atau bahkan seakan tertelan? Mudah-mudahan tidak yaa. Sebab jika itu terjadi, maka waspadalah!

Musibah ini terjadi Kamis Sore 19 Maret 2009, menimpa salah seorang teman kerja saya. Saat itu yang bersangkutan hendak mengambil uang di ATM BCA terdekat di pinggir jalan raya Gading Serpong Tangerang. Meskipun suasana jalan raya di sekitar itu cukup ramai, akan tetapi di anjungan tarik tunainya sendiri relatif sepi ,tidak ada yang mengantri seperti biasa di ATM BCA. Nah seperti banyak cerita yang mungkin anda sudah pernah baca, sesaat setelah kartu ATM ia masukkan, kartu tersebut macet didalam, dan layar monitor menampilkan pesan Mesin ATM untuk sementara tidak bisa digunakan bla bla bla. Tekan “Cancel” kartu tidak mau keluar, tekan lagi “Cancel” kartu tetap tidak mau keluar. Lalu dia ingat nomor layanan customer yang sudah ia catat, dan ketika sedang mencoba menghubungi … musibah itu mulailah terjadi.

Tiba-tiba serombongan orang masuk kedalam ruang ATM dan belum sempat berpikir panjang, seseorang menepuk pundaknya dari belakang, “Ada Apa Bu?”
“eh ini pak, macet”.

Bla, bla, bla … singkat cerita . “Sudah bu, sekarang ibu pulang saja, petugasnya sudah ada yang mau datang”. Dan seperti dikomando, dia lantas keluar saja dari ruang ATM langsung naik angkutan umum .. pulang. Lepas beberapa menit berlalu barulah tersadar, “sepertinya ada yang aneh!”. Dan Yaa .. sungguh malang! ATM terkuras digasak orang , semua habis ia dihipnotis!

Kasus-kasus seperti ini sudah beberapa kali saya baca, saya dengar. Dan sekarang bahkan rasanya sudah lebih dekat. Seandainya ATM dilokasi itu memang sudah menjadi target operasi, … wah sepertinya saya juga tak akan lagi berani!

Tapi kira-kira apa yaa langlah pertama yang harus diingat jika kartu atm kita mendadak tak bisa digunakan, macet didalam seakan tertelan?!

Pikir dipikir, selain sarat mutlak bahwa kita senantiasa harus selalu ingat Yang Kuasa agar pikiran tak mudah diguna-guna, maka saya bilang sama emaknya Zia, “ Mah, … kita tidak mengharapkan, tapi kalau suatu saat Kartu ATM macet seakan tertelan, tolong diingat langkah pertama yang harus segera dilakukan adalah SEGERA KELUAR DARI RUANGAN!”.

Sementara inilah langkah pertama yang saya pikir harus segera dilakukan sebelum seseorang tiba-tiba datang dan menepuk pundak anda tanpa anda sempat melihat atau mengingat seperti apa wajahnya. Yaa, Segera keluar dari ruangan, tinggalkan saja kartu atm yang macet atau seakan tertelan. Kartu ATM itu tidak akan berfungsi selama PIN belum dimasukkan dan selama tidak diketahui bukan?

Selanjutnya anda mengerti apa yang harus anda lakukan. Segera cari tempat yang lebih aman dan hubungi bank anda (dari nomor yang terpercaya) dan minta agar kartu atm anda segera dibekukan.

Ya, kira-kira seperti ini yang terpikirkan, barangkali Anda punya lain saran?

Related Posts

40 Responses

  1. santai sejenakMarch 22, 2009 at 6:08 pmReply

    wah aku dulu jug kaya gitu…

    ketelen, bingun bukan kepalang…:D..

    tapi, aku pernah dnger, mesti blokir, so ku blokir ajah kartunya…

    nise inpo bang…makasih…

    btw leh kita tukeran link?
    supaya bisa lebih menyambung tali silaturahim,,makasih..:)

    santai sejenaks last blog post..GADIS CANTIK ULANG TAHUN

  2. cebong ipietMarch 22, 2009 at 7:34 pmReply

    belom pernah si mas…cuman kalo temenku sekalian aja pencet ngawur biar g bisa dipake sekalian

  3. jasmineMarch 22, 2009 at 7:44 pmReply

    Emang aneh aneh aja penjahat jaman sekarang

  4. p u a kMarch 22, 2009 at 10:18 pmReply

    Temanku juga pernah mengalami hal yang sama mas. Malah sempat disuruh telpon ke orang Bank pake handphone mereka. Tapi temenku nggak percaya begitu saja. Dia langsung keluar dan langsung memblokir ATM nya.

    p u a ks last blog post..[Lou] rahasiamu aman

  5. mangkumMarch 23, 2009 at 1:41 amReply

    Wah pengalaman berharga nih. Semoga jangan sampai terjadi lagi deh…

    mangkums last blog post..Tiga Olahraga

  6. spydeeykMarch 23, 2009 at 7:22 amReply

    pengalaman berharga.. moga tidak ada korban lagi.., saya lebih senang ambil uadng dia atm di sebelah bank.. dan pada jam2 kerja.., jadi klo ada masalah seperti macet.. langsung bisa panggil satpam/petugas tertentu untuk bantu saya.. :D

  7. DVMarch 23, 2009 at 9:28 amReply

    Wah, aku mengalami hal yang serupa!
    Tepatnya sesaat sebelum aku pergi ke Australia, selama sebulan kira2 aku tinggal di Jakarta.

    Suatu waktu, bersama mertua dan istriku aku pergi ke Hero LebakBulus dan di sana mertua mau ambil kartu tapi mendadak tertelan di dalam.
    Dan sekonyong-konyong muncul seorang bilang SAMA PERSIS dengan yang kamu ceritakan “nanti ada petugas…”

    Trus, mertuaku nelp aku. Aku yang masih ada di dalam toko lari keluar menuju ATM dan menemuinya dan orang itu masih ada.
    Aku awalnya nggak curiga, tapi di depan orang itu aku langsung telp ke BCA untuk minta dicancel kartunya.

    Sesudahnya kami masuk ke dalam toko lagi dan menganggap ngga ada kejadian apa-apa, eh lha kok 10 menit kemudian orang itu datang membawa kartu yang sudah agak setengah lecet dan dia bilang dia bisa mengeluarkan.
    Waktu kami mau kasi uang dia menolak lalu pergi.

    Langsung aku telp BCA lagi ngecheck apakah ada uang yang hilang, dan ya thanks god masih utuh semua.

    Ketoke orang itu sama dengan yang panjenengan maksud, tapi gara-gara aku telp ke BCA untuk secepetnya membekukan kartu, dia berubah pikiran.

    Ah semoga dugaanku salah!

    DVs last blog post..Banjir DVD U2

  8. thegandsMarch 23, 2009 at 10:21 amReply

    komen pertama tentang theme yang digunakan bang. theme ini keren dan slim… mantep…. gak usah di tukar2 lagi. cocok deh.. :)

    thegandss last blog post..Get Selected Column Index Using Datagrid in Flex

  9. tetetzetMarch 23, 2009 at 10:56 amReply

    Alhamdulillah saya gak ada pengalaman.. semoga saja tidak pernah kejadian. Makasih infonya.. semoga bermanfaat bagi kita semua.. setidaknya bisa mengingatkan kita kalo saja suatu saat kartu ATM kita ketelam mesin ATM. Sukses mas :)

    tetetzets last blog post..Sedikit Tips agar Jualan Link di Brokerage Linkadage Cepat Laku

  10. nugrahaMarch 23, 2009 at 12:13 pmReply

    tapi kok aneh, kalau macet itu kan belum sampat memencet nomor pin? kok uangnya bisa hilang ? Kecuali kalau macetnya setelah memencet pin dan melakukan transaksi ?

    nugrahas last blog post..Google Chrome Versi 2

    • MascayoMarch 23, 2009 at 12:20 pmReply

      @nugraha,

      Ceritanya disingkat mas, … bla,bla,bla
      ada sih obrolan yg bersangkutan ditanya nomer pin nya berapa.
      tapi selan jutnya sudah ngga ingat … terhipnotis.

  11. artikel kesehatanMarch 23, 2009 at 12:22 pmReply

    Tapi saya dengar, hipnotis itu tidak akan bekerja kalau si (calon) korban tidak mau diajak kerjasama. Saya dengar ini dari Deddy C. Kalau hipnotis itu butuh kerjasama dari orang yg bersangkutan, yg mau dihipnotis. Kalau seperti ini, ditepuk langsung lupa, kayaknya namanya gendam deh (semacam ilmu hitam). Memang betul, jangan melamun adalah kuncinya, ada lg yg bilang kalau tiba2 ada yg nepuk, harus kita tepuk lagi, jadi kita tidak akan ter-gendam.

    artikel kesehatans last blog post..Mengurus Pajak STNK Sekarang Hanya Butuh Waktu 3 menit !!!

  12. Ikkyu_sanMarch 23, 2009 at 4:45 pmReply

    mungkin sebagai pencegahan, bedakan rekening uang simpanan dan uang yang dipakai utk sehari-hari. Rekening simpanan jangan dibawa-bawa atm cardnya hehehhe.?gimana?

    Ikkyu_sans last blog post..Buat Kawan Sundaku

  13. Permana JayantaMarch 23, 2009 at 6:59 pmReply

    saya pernah lihat artikel di kaskus.us bagaimana cara orang ngerjain mesin ATM … gara-gara itu .. sebelum masukin kartu ATM saya selalu periksa tempat masukin kartunya apa ada yg janggal atau engga

    Permana Jayantas last blog post..Membuat laris situs iklan baris

  14. tantiMarch 23, 2009 at 8:24 pmReply

    Serem juga ya..
    mungkin satu lagi tipsnya adalah konsentrasi penuh jika masuk ke ATM, jangan sambil ngelamun, sambil telepon atau apapun yang memecah konsentrasi, jadi siap berpikir dengan akal sehat jika menghadapi berbagai kemungkinan.

    tantis last blog post..Bitter Sweet Dark Chocolate

  15. MalapuMarch 24, 2009 at 12:46 amReply

    kalo sayah ATM tertelan and supaya ga kna hipnotis mending sambil nyanyi2 atau bergumam or siul2… soalnya katanya kalo keadaan kita tenang, hipnotis ga manjur…

    Malapus last blog post..Kembali Aktif Untuk Nge-Blog?

  16. mamas86March 24, 2009 at 7:49 amReply

    Lha kok tip’snya kayak dalam cerita nyuruh orang keluar …. Ntar kalau ada yang ngambil ATMnya gimana…? Moga aja nggak sampe deh kejadian yang seperti itu…

    mamas86s last blog post..Translator XP Portable

  17. gadis rantauMarch 24, 2009 at 3:41 pmReply

    belum pernah bang ngalamin ATM ngadat ditenggah jalan.

    gadis rantaus last blog post..Cewek Cewek Korban Cowok Gentayangan

  18. Erik243937March 24, 2009 at 8:57 pmReply

    Iya mas, operandi seperti itu sudah sering terjadi sekarang. Tks infonya

    tukang nggame

    Erik243937s last blog post..Kenali Gejala Stroke

  19. harry seenthingMarch 25, 2009 at 12:30 amReply

    wah bener sekali nih kang…informasinya…

    harry seenthings last blog post..Thanks my Friends

  20. MasnurMarch 25, 2009 at 2:16 amReply

    Memang harus hati2 kalo di atm yang kelihatan sepi, mending ambil dilokasi bank yang ada satpamnya aja lebih tenang. Tapi yang utama berdoa dulu lah sebelum masuk ruang atm.

    Masnurs last blog post..Belok Kiri Jalan Terus

  21. premeMarch 25, 2009 at 5:40 amReply

    semoga jangan sampai deh mengalami hal semacam ini

  22. Edi PswMarch 25, 2009 at 1:04 pmReply

    Setelah dibekukan, atmnya nggak diambil lagi?

    Edi Psws last blog post..Kembali Bertengger di PR 3

    • mascayoMarch 26, 2009 at 7:02 amReply

      @Edi Psw,
      boleh pak, sambil di intip-intip siapa tau tukang hipnotisnya nongol :)

  23. indah rephiMarch 25, 2009 at 3:34 pmReply

    kalo aku udah tak tendang2 itu mesin atm nya whwhahahhahaha.. :p

    indah rephis last blog post..Endlessly Poem

  24. SeptianMarch 25, 2009 at 5:34 pmReply

    Wah, ini mama ku yang pernah…pakek ATM aku lagi..untung kejadiannya di ATM yg di dalem kantor…jadi resiko nya ih miniman and ATM ku aman2 aja…hehehe..nice post and lm kenal dari ku….

  25. sawali tuhusetyaMarch 26, 2009 at 12:33 amReply

    wah, tips yang bagus dan bermanfaat, mascayo. selama ini saya belum pernah mengalami hal seperti itu.

  26. prameswariMarch 26, 2009 at 10:20 amReply

    Peristiwa ini makin sering terjadi.Musti ati2 deh. kalo gak terpaksa, jangan pilih ATM yang gak dekat dengan banknya, dan kalo bisa narik ATM pas jam kerja. Dan jangan pernah percaya pada stranger deh. Oh ya …jangan pernah kasih pin pada orang lain termasuk lewat telpon kecuali pada kantor bank itu sendiri.

    Keterlaluan emang orang yang menguras tabungan orang lain yang mungkin udah bertahun-tahun dikumpulkan

    prameswaris last blog post..Berbagi Kasih

  27. marsudiyantoMarch 26, 2009 at 1:38 pmReply

    Saya belum punya ATM Mas…
    Ada tips bagaimana caranya agar saya punya ATM?

    marsudiyantos last blog post..Campur Aduk

    • MascayoMarch 26, 2009 at 4:52 pmReply

      @marsudiyanto,
      wakakakak … kalaupun ada , khusus buat pak mar nggak akan saya kasih.
      kasian nanti yang mo ngehipnotis malah balik ke hipnotis sama pak mar hehehe

  28. bymeMarch 26, 2009 at 3:17 pmReply

    mkasih mas infonya
    saya belum pernah mengalaminya
    byme

    bymes last blog post..lylafitri journey of my life

  29. zeeMarch 26, 2009 at 4:43 pmReply

    Aduh seremnyaaa….. Kalo saya misalnya kartu atm saya macet, pasti saya gak mau keluar ruangan. Masalahnya takut gt keluar, malah ada yg masuk trs digasak. Tp mgkn saya lgsg call ke nomor call centrenya.. klo mandiri kan tinggal dial 14000.

    Hmmm tapi belajar dr postingan ini, sptnya utk amannya kita cari saja atm di tempat yg ramai orang, jd klo ada apa2 banyak saksi. Ato bs juga cari atm yg ada pintu dan ada kuncinya…… apalagi klo ada satpamnya… kayak di supermarket gt.

  30. abindutMarch 26, 2009 at 10:56 pmReply

    Saya pernah ngalami atmnya ketelan, trus langsung telpon..
    Malah parahnya lagi saya pernah jumlah uangnya enggak sesuai dengan yang tertera dengan distruk… untunglah saat itu ambilnya pas di kantor bank tersebut jadi bisa langsung diusut… :D

    abinduts last blog post..KEJUTAN MAKAN TUAN

  31. NarmadiMarch 27, 2009 at 3:22 pmReply

    Waduh kasihan juga temanya ya mas….Jangan sampai ketema-ketemu yang seperti ini deh….

    Narmadis last blog post..Tragedi Jebolnya Situ Gintung

  32. snepyloneMarch 27, 2009 at 7:58 pmReply

    alhamdulillah selama ini atmQu termasuk penurut dan kartu yg baik .. ga merepotkan yg punya-nya..!! hehe

    snepylones last blog post..back to Retro

  33. reoOctober 20, 2009 at 9:39 pmReply

    hiks… atm gw nyangkut di Mandiri.. gimana nih??
    hiks99x..
    udah telp mandiri tapi katanya suruh ke cab terdekat… dan katanya biasaya teknisinya ada hari senin dan tiap 2 minggu sekali..

  34. desyachNovember 3, 2010 at 12:59 pmReply

    soal atm??
    kebetulan kerjaan ane brhubungan atm.
    modus penipuan atm memang bermacam2 trmasuk hipnotis.tp ada lg modus laen selain hipnotis yg hrs diwaspai.yaitu,ketika krtu anda tertelan,hati2 dgn no TLP ATM CENTER dr bank anda yg tertempel berupa stiker di atm.itu bs no telP PALSU!
    TIPSnya: INGAT bhw pihak bank tdk prnah mnanyakan no PIN Atm anda
    CATAT dan SIMPAN,NO TLP cstomer service&atm center bank.biasanya ada di belakang kartu anda
    Jgn bbicara dgn sapapun kcuali orang bank
    PILIH ATM YG DIBANK.&ramai

  35. Sarang SemutMarch 22, 2011 at 12:13 amReply

    Thanks infonya…

  36. sugengJuly 26, 2011 at 11:00 pmReply

    Jgn pernah ambil uang di atm yg sepi gelap dn tidak menyakinkan never!!!klo terpaksa jgn sdrian.. Simpan no call center di hp save sewaktu2 butuh lebih aman atm yg berdampingan dengan bank

    ——–

    setuju pak. harus lebih bijak dan waspada

  37. DHANI DARMAWANSeptember 10, 2011 at 2:12 pmReply

    KARTU ATM BCA SUDAH LAMA GAK DI PAKAI,SEKARANG MAU DI AKTIFKAN LAGI APAKAH BISA..? TOLONG PENJELASAN NYA DAN LANGKAH APA SAJA YANG HARUS LAKUKAN UNTUK MENG AKTIFKAN KEMBALI..TOLONG PENLESAN NYA…TOLONG DI EMAIL KE EMEIL SAYA….. layung32@yahoo.com……

Leave a Reply