Menentukan pilihan hidup

Category : catatan personal
Menentukan pilihan hidupby cahyo mulyonoon.Menentukan pilihan hidupMenentukan pilihan hidup memang bukan perkara mudah, apalagi jika resiko didalamnya diperkirakan sama-sama memiliki imbas yang cukup besar yang tidak hanya pada diri sendiri tapi juga pada orang disekitarnya. Dalam posisi seperti ini, rasionalitas jelas harus dijaga agar selalu lebih unggul daripada emosi hati. Meski sudahlah mafhum rasanya tidak ada rasionalitas yang meluap-luap, sebaliknya yang […]

Menentukan pilihan hidup memang bukan perkara mudah, apalagi jika resiko didalamnya diperkirakan sama-sama memiliki imbas yang cukup besar yang tidak hanya pada diri sendiri tapi juga pada orang disekitarnya.

Dalam posisi seperti ini, rasionalitas jelas harus dijaga agar selalu lebih unggul daripada emosi hati. Meski sudahlah mafhum rasanya tidak ada rasionalitas yang meluap-luap, sebaliknya yang sering ada adalah emosi yang meluap-luap. Dengan kata lain, kalaulah ada “the power of nekad”, maka tentu harus pula diimbangi dengan “rasa syukur yang dahsyat!”

Dan karena hidup itu sendiri adalah pilihan, maka sesulit apapun mau tidak mau tetap harus memilih. Kalau sudah begini, rasanya penting untuk dicatat seperti apa kata Albert Einstein, ” berupayalah tidak hanya menjadi manusia yang sukses, tapi juga menjadi manusia yang bernilai.”

Maka pilihan hidup yang baik tentu tidak hanya semata agar menjadi manusia yang sukses, tapi juga bagaimana menjadi manusia yang bernilai.

Oh .. betapa indahnya! … bila tidak hanya sebatas kata-kata …

Related Posts

28 Responses

  1. DVJanuary 31, 2010 at 1:04 pmReply

    Wah, welcome back, Mas! :)
    Semua sehat saja tho di situ?
    .-= DV´s last blog ..ATM, Anjungan Tunai Mandiri =-.

  2. marsudiyantoJanuary 31, 2010 at 10:10 pmReply

    Kok wis suwe ora update Mas…
    Lagi iki update maneh… :D

  3. zulhaqFebruary 1, 2010 at 4:45 pmReply

    hidup itu pilihan, pilihan itu untuk hidup
    karena terlampau banyak pilihan yang ada dalam hidup ini

    memilih yang didasari rasa syukur yang kuat
    .-= zulhaq´s last blog ..Kebiasaan Sinting =-.

  4. vizonFebruary 2, 2010 at 9:25 amReply

    Hidup memang penuh pilihan, hanya yang harus diingat adalah, bahwa setiap pilihan memiliki konsekwensinya. Banyak yang bisa memilih, tapi banyak yang tidak siap dengan konsekwensi yang turun dari pilihan itu.. :D

    .-= vizon´s last blog ..jamur & zupa =-.

  5. afwan auliyarFebruary 3, 2010 at 3:22 pmReply

    wah, saya baru maen kesini lagi neh …..
    Hidup memang pilihan mas :)
    .-= afwan auliyar´s last blog ..search engine spider simulator, cara mengetahui kerja spider =-.

  6. Afrianti takafulFebruary 7, 2010 at 11:29 amReply

    Haidup memang pilihan, setiap pilihan itu akan berakibat ada konsekwansi nantinya..

  7. Cah SholihahFebruary 7, 2010 at 11:30 amReply

    Hidup itu pilihan.. seperti di http://afrianti.blogspot.com/2009/12/terbelnggu-masa-lalu.html

  8. snepyloneFebruary 9, 2010 at 2:48 pmReply

    tp kadang kita bisa melakukan kesalahan fatal karna salah memilih..

    mdh2an kita ga sampe salah ambil pilihan tepat ya om..
    .-= snepylone´s last blog ..dulu gue kira … =-.

  9. batiknovita.comFebruary 12, 2010 at 11:09 amReply

    Diperlukan pertimbangan yang jernih dan matang dalam menentukan pilihan. Makasih pak, udah share… :)

  10. Eka Situmorang-SirFebruary 15, 2010 at 3:19 pmReply

    Hidup adalah pilihan so harus hati2 menentukan pilihan ya mas?

    btw apa kbr mas? ;)
    .-= Eka Situmorang-Sir´s last blog ..Surat Tanpa Perangko =-.

  11. GraviswareFebruary 19, 2010 at 5:51 pmReply

    yup.. mantaaaap.. setuju banget bang.. ^^ jadi orang kaya namun gak bernilai apalah artinya??

  12. kucingkerenFebruary 22, 2010 at 6:46 pmReply

    rasa syukur yang dahsyat… wow..aku suka dg kata itu! benar, smoga bukan cuma kata2 ya

  13. shalimowMarch 17, 2010 at 6:54 pmReply

    kemana aja bos
    kok nggak update
    .-= shalimow´s last blog ..Alat Tes Keperawanan Tempoe Doeloe Tinggalan Nenek Moyang =-.

  14. catatan hakimMarch 22, 2010 at 5:37 pmReply

    hidup memang sebuah pilihan, dan jangan ragu untuk mengambil pilihan itu walaupun kita tau di situ ada resiko besar menghadang…………… Pasti ada jalan keluarnya
    .-= catatan hakim´s last blog ..Cara Baru Membangun List Bisnis =-.

  15. NinaMarch 23, 2010 at 2:28 pmReply

    Nilai manusia itu dipertaruhkan ketika kita mulai harus memilih antara kepentingan pribadi atau berorban untuk kepentingan orang lain

  16. mbah bejoApril 18, 2010 at 12:00 pmReply

    nice post bos

    salam kenal Y

  17. dafuadApril 18, 2010 at 11:48 pmReply

    setuju mas, hidup adalah suatu pilihan, dan ketika kita telah menemukan pilihan yang terbaik, maka fokuslah dengan pilihan tersebut dan selalu melakukan perbaikan. jgn berputus asa ketika didalam perjalanan ternyata pilihan tersebut tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. segera lakukan perbaikan dan perbaikan dan fokus kembali dengan pilihan awal yang telah kita pilih. insyaallah kita akan menjadi orang yang hebat terhadap pilihan kita tadi.
    .-= dafuad´s last blog ..Fokuslah, Bila Anda Ingin Hebat! =-.

  18. PGR CentreJuly 15, 2010 at 4:56 pmReply

    Memang sebuah pilihan….. Orang yang sudah mati saja masih harus disuruh memilih Surga atau Neraka ???,… Walaupun semua orang menginginkan surga, Tapi kembali lagi pada amal dan perbuatan semasa hidup……. jadi.. pilihan kita sekarang akan mempengaruhi pilihan pilihan kita setelah mati.

  19. tomiDecember 31, 2010 at 8:16 pmReply

    MEMANG KADANG SULIT MENENTUKAN PILIHAN HIDUP KARENA MANUSIA RATA RATA KURANG SIAP DENGAN KEGAGALAN

  20. Hidup Adalah Pilihan | l1v3tm1ttApril 1, 2011 at 12:16 pmReply

    […] http://www.mascayo.com/menentukan-pilihan-hidup.html GA_googleAddAttr("AdOpt", "0"); GA_googleAddAttr("Origin", "other"); GA_googleAddAttr("LangId", "1"); GA_googleAddAttr("Autotag", "technology"); GA_googleAddAttr("Tag", "filsafat"); GA_googleFillSlot("wpcom_below_post"); […]

  21. iklan millioner,media iklan bisnis gratis,murah, suksesApril 16, 2011 at 6:49 pmReply

    kita harus terus melankah walau terkadang pahit

  22. ari gidukMay 27, 2011 at 10:01 pmReply

    tapi jangan lupa Sukses adalah keberanian untuk memilih dan menjalankan pilihan tersebut.

  23. rahmatkrenzMay 31, 2011 at 4:06 amReply

    emang hidup sendiri berat tpi itu yg membuat kta reflek..

  24. AzharJune 20, 2011 at 5:41 pmReply

    Kata2 yang indah…..
    Izin sedot gan,,,,,,

  25. @jhanDecember 18, 2011 at 10:45 pmReply

    belajarlah tuk memilih,
    pilihan adalah sebuah tntangan dlam hidup nee

  26. eljihadiDecember 22, 2011 at 11:24 pmReply

    hidup adalah sebuah pilihan. baik atau buruk, rajin ato malas, pemenang ato pecundang, berhasil ato gagal, semuanya ada ditangan kitaa. Pilihlah!

  27. eko budi santosoJanuary 30, 2012 at 7:47 pmReply

    Tuhan… jika aku ada salah mohon ampuni…. jika aku punya pilihan tunjukkanlah yang benar untuk keluarga q… dan berikan barokah kepada orang-orang yang baik…. Amin

  28. nafi adhuhaMay 28, 2012 at 11:13 amReply

    memang hidup itu adalah pilihan,, but yg penting adalah bagaimana kita memilih… memilih pilihan yang benar dan baik.. good luck for all…

Leave a Reply