Ngeblog jangan Cuma asal

Category : Belajar Ngeblog
Ngeblog jangan Cuma asalby cahyo mulyonoon.Ngeblog jangan Cuma asalNgeblog jangan Cuma asal! Ngeblog itu aktifitas bebas yang sampai tulisan ini dibuat setahu saya belum ada aturan resmi ngeblog harus begitu harus begini. Sederhananya ngga ada larangan mau ngeblog begimanapun juga. Suka-suka! Tapi meski belum ada aturannya (dan nggak usah ada), saya sendiri mafhum kalau sebaiknya ngeblog ya ngga Cuma asal. Diusahakan sebisa mungkin […]

Ngeblog jangan Cuma asal! Ngeblog itu aktifitas bebas yang sampai tulisan ini dibuat setahu saya belum ada aturan resmi ngeblog harus begitu harus begini. Sederhananya ngga ada larangan mau ngeblog begimanapun juga. Suka-suka! Tapi meski belum ada aturannya (dan nggak usah ada), saya sendiri mafhum kalau sebaiknya ngeblog ya ngga Cuma asal. Diusahakan sebisa mungkin ngeblog yang bisa membawa manfaat. Tidak usah terlalu muluk bisa memberi manfaat untuk orang lain, yah minimal bermanfaat untuk diri sendiri. Tapi kalau memang bisa, ya itu jauuuhhh akan lebih baik.

asalngeblogMemang ngga gampang membangun blog yang ngga asal alias bisa bermanfaat buat orang lain. Terlebih kalau kita merasa kurang memiliki wawasan atau ilmu tertentu untuk disharingkan dalam blog. Tapi sebetulnya yaa ngga usah berkecil hati, sebab istilah bermanfaat itu juga bisa ditafsirkan macam-macam. Setiap pembaca memiliki selera masing-masing yang jelas berbeda. Jadi ngeblog dengan menulis pengalaman pribadi, pemikiran pribadi, impian pribadi, keluh kesah pribadi, itu juga sah-sah saja dan tetap bisa mendatangkan manfaat bagi pembaca blog kita.

Lha kalau menulis keluh kesah emang ada manfaatnya?

Ya bisa saja. Bisa saja keluh kesah kita dialami dan dirasakan  juga oleh pembaca lainnya. Yang dengan begitu sang pembaca akan terhibur, bahwasanya bukan hanya dia sendiri saja yang mengalami hal serupa. Dan lain sebagainya.

Dan kalaupun dirasa belum bisa membawa manfaat untuk orang lain, ingat saja lagi manfaat minimal untuk diri sendiri. Salah satu manfaat yang paling jelas ketara adalah manfaat bisa latihan menulis. Karena saya yakin, menulis itu bukan Cuma bakat tapi kebiasaan. Seperti halnya berenang, meskipun awalnya Cuma bisa gaya batu kecemplung  tapi semakin sering kecemplung lama-lama juga pasti ngerti gimana supaya bisa ngambang. Begitu juga menulis. Meski awalnya Cuma curhat dan curhat, tapi lama-lama pasti ngerti bagaimana menampilkan tulisan curhat tapi bisa membawa manfaat.

Jadi asal ngeblog juga gak apa-apa kan?

Bagaimana menurut sodara?

Related Posts